Kamis, 30 November 2017

Tip Mengelola Gaji Sertifikasi


Tips Mengelola Keuangan Gaji Sertifikasi Guru


Bapak/ ibu pembaca sekalian yang berbahagia. Kita telah memasuki bulan penghujung tahun 2017. Mungkin kita membutuhkan tips mengelola keuangan di tahun 2018 untuk guru.

Seperti pengalaman dari tahun ke tahun. ketika memasuki bulan tersebut, pengeluaran kita seringnya melampaui batas, karena adanya liburan semester dan tahun baru.
Entah itu karena kenaikan harga bahan pokok, tradisi memberi uang jajan untuk ponakan, dan lain-lain, terkadang kita sampai lepas kontrol, yang sedikit banyak berdampak pada pelaksanaan tugas diawal semester II.
Walaupun diakhir tahun biasa ada bonus dan tambahan lain, akan tetapi kalau kita tidak mengelola keuangan kita, maka pengeluaran kita akan sangat-sangat membengkak.

Apalagi kalau kita mau melakukan penghematan atau menabung, seringnya kita anggap hal itu sebagai kemustahilan.
Gaji sertifikasi guru yang merupakan gaji tambahan dari pemerintah alias "gaji di luar gaji", penggunaanya mesti diarahkan kepada hal-hal yang lebih berma'na karena gaji ini merupakan penghargaan khusus dari pemerintah untuk guru. Maka penggunaan gaji sertifikasi secara bijak, merupakan bukti syukur.

Berikut Tips Mengelola Keuangan di ountuk Guru :

  1.  Ambil 2,5% dari jumlah uang yang kita terima untuk di berikan kepada orang tua, atau untuk di infaq kan kepada yang membutuhkan. Insya Alloh, dengan infaq atau shodaqoh yang kita keluarkan, Alloh akan memberikan keberkahan, terhindar dari penyakit, terhindar dari musibah, dan Alloh akan melipatgandakan rizki kita. Ingat, berinfaq itu bukan dari sisa gaji kita, melainkan gaji yang kita makan hendaklah telah bersih dari hak fakir miskin.
  2. Prioritaskankebutuhan utama untuk pengeluaran anda dengan membuat skala prioritas kebutuhan, maka keuangan kita akan terjaga.
  3. Agendakan menabung. Kita sebagai guru menerima gaji setiap awal bulan, dan sebaiknya kita agendakan menabung di awal bulan, tentukan besarannya sebagai target kita menabung dalam waktu satu bulan, jangan lupa, kita bisa menambah nilai tabungan kita, ketika kita mendapatkan tunjangan selain gaji.
  1. Pilih tempat menabung. Memilih tempat untuk menabung sangat penting, dimana kita nanti akan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh tempat kita menabung, misalkan kita pilih bank. Pilih bank yang biaya administrasinya tidak terlalu tinggi.Jangan sampai, dana yang anda tabung di bank, malah banyak terpotong untuk biaya administrasi.
  1. Hindari pinjaman
    Slogan yang banyak berkembang di masyarakat kita, “NEK ORA UTANG ORA NDUWE” (Kalau tidak hutang, tidak punya).
    Merupakan hal yang sangat-sangat keliru.
    Kebanyakan dari kita, merasa tidak sabar ingin memiliki barang yang diinginkan, baik itu mobil, sepeda motor, rumah, handphone, dll.
    Akhirnya kita beli barang secara kredit, atau kita mengajukan pinjaman. Dan kita mengacuhkan adanya “BUNGA” di dalam transaksi tersebut.
    Mari kita rubah mind set kita, “beli barang secara tunai. Kalau belum bisa, ya sabar”. Misal mendesak ya bisa pinjam, sewa, atau kontrak.
    Mungkin ada juga yang berkomentar, ah…. kalo seperti itu, ya ndak bakal punya barang.
    Ya kita memang dituntut untuk menjadi pribadi yang sabar. Tidak semua yang kita inginkan harus kita miliki.
  2. Rencanakan pembelanjaan andaSebelum berbelanja, sebaiknya anda rencanakan kira-kira apa yang anda butuhkan. Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan.Karena ditempat belanja, terkadang kita terpengaruh oleh promosi-promosi yang terkadang barang yang dipromosikan itu bukan merupakan kebutuhan kita.
  3. Lakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran harian, bulananHal ini memang terkesan sangat rumit, dan menyita banyak waktu.Tetapi kalau kita sudah terbiasa, kita akan mudah memonitor pemasukan dan pengeluaran kita.Kita dapat memanfaatkan teknologi dalam melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran.
  4. Sisihkan uang anda untuk dana cadangan. Dana cadangan nantinya bisa anda gunakan untuk keperluan tiba-tiba. Jadi anda tidak perlu menarik dana ditabungan.Usahakan untuk memisah antara dana cadangan dengan tabungan anda.
Mudah-mudahan kita bisa mengatur keuangan kita, dan kita punya dana tabungan di masa tua kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar